Siap Siaga
BNPB Australian Government
Kelompok Rujukan Program SIAP SIAGA memulai pertemuan perdana
Kelompok Rujukan Program SIAP SIAGA memulai pertemuan perdana
https://www.siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2021/10/Kelompok-Rujukan-SIAP-SIAGA.png
- By siapsiaga

Kelompok Rujukan Program SIAP SIAGA memulai pertemuan perdana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kedutaan Besar Australia di Jakarta resmi memulai Kelompok Rujukan Program SIAP SIAGA, dengan pertemuan perdananya pada hari Jumat, 1 Oktober 2021. Kelompok ini merupakan forum bagi kementerian/lembaga dan tenaga ahli yang bekerja pada Program SIAP SIAGA untuk membahas dan berbagi masukan terkait berbagai isu penanggulangan bencana.

Kelompok ini diharapkan dapat memastikan keselarasan dan kolaborasi tingkat teknis pada seluruh instansi pemerintah yang terkait, baik di tingkat nasional maupun antara tingkat nasional dan daerah. Rapat perdana Kelompok Rujukan diawali dengan diskusi tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM) Sub-Urusan Bencana. Rapat ini mengidentifikasikan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan SPM Sub-Urusan Bencana dan yang masih perlu dikembangkan. Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Perencanaan Pembangunan/Bappenas dan BNPB mempresentasikan prinsip-prinsip mendasar yang perlu diperhatikan dalam pengembangan NSPK untuk SPM Sub-Urusan Bencana.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, peserta sepakat untuk mengadakan diskusi-diskusi terfokus lanjutan dengan melibatkan beberapa narasumber dan pakar terpilih untuk membicarakan beberapa isu secara lebih spesifik.

Rapat perdana ini dibuka dengan sambutan dari Senior Program Manager Humanitarian Affairs, DFAT Ibu Gloriani Panjaitan dan sambutan dari Team Leader Program SIAP SIAGA Ibu Lucy Dickinson yang dibacakan oleh Bapak Kristanto Sinandang, Program Lead 2 SIAP SIAGA. Keduanya menyampaikan harapannya agar Kelompok Rujukan ini dapat memperkuat koordinasi antar K/L di bidang kebencanaan. Pembicara yang hadir, antara lain Bapak Mohammad Robi Amri, Plt. Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB; Ibu Diah Lenggogeni dari Direktorat Tata Ruang dan Penanganan Bencana, Bappenas; Ibu Subhany dari Direktorat Sikronisasi Urusan Pemerintah Daerah III, Kemendagri; dan Bapak Yoga Wiratama dari Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Kemendagri, serta Bapak Sugeng Triutomo dari Program SIAP SIAGA. Rapat dimoderatori oleh Bapak Safriza Sofyan, Program Lead 1 SIAP SIAGA.

Tags: