Siap Siaga
BNPB Australian Government
Joint Monitoring Mission Program SIAP SIAGA
Joint Monitoring Mission Program SIAP SIAGA
https://www.siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2022/08/1_f69mQCi-_TCdMeSpH2F_xQ.jpeg
- By siapsiaga

Joint Monitoring Mission Program SIAP SIAGA

Program SIAP SIAGA bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Sosial (Kemensos), Kementerian Luar Negeri (Kemlu), pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, serta masyarakat sipil melakukan kegiatan Joint Monitoring Mission (JMM) atau Misi Pemantauan Bersama. Misi ini merupakan bagian penting dari proses akuntabilitas dan refleksi Program SIAP SIAGA yang memberikan kesempatan bagi pemangku kepentingan utama, baik dari Pemerintah Australia maupun Pemerintah Indonesia (termasuk anggota Komite Teknis dan Komite Pengarah), untuk meninjau dan merefleksikan pelaksanaan dan kemajuan program SIAP SIAGA di tingkat provinsi dan kabupaten.

Mewakili BNPB pada kegiatan ini antara lain Deputi Bidang Sistem dan Strategi, Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana, Direktur Kesiapsiagaan, perwakilan pusdatinkomben dan perwakilan biro hukum kerjasama.

Tim gabungan yang terdiri dari tim SIAP SIAGA, Pemerintah Australia, dan Pemerintah Indonesia (Foto: SIAP SIAGA Program)

Aktivitas selama Kegiatan JMM

Agenda JMM disusun berdasarkan rencana perjalanan selama empat hari di Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni pada tanggal 2–5 Agustus 2022. Tim gabungan yang terdiri dari — tim SIAP SIAGA, Pemerintah Australia, dan Pemerintah Indonesia — melakukan misi monitoring ke Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya ke Kabupaten Kupang, Kota Kupang dan Kabupaten Manggarai Barat. Ada 6 area tematik utama yang menjadi fokus dari misi pemantauan bersama, yakni:

1. Standar Pelayanan Minimum (SPM) sub urusan bencana.

2. Integrasi data dan Pusdalops.

3. Perencanaan kontinjensi dan kesiapsiagaan.

4. Gender, Disabilitas dan Inklusi Sosial.

5. Kolaborasi melalu Forum Pengurangan Risiko Bencana.

6. Pemulihan COVID-19 di Desa-Desa Wisata.

Pusat Pengendali Operasi (PUSDALOPS) BPBD Provinsi NTT (Foto: Tasril Mulyadi/BNPB)

— — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — — —

Catatan: Briefing Notes JMM Program Siap Siaga | Dokumentasi : Tasril Mulyadi, BNPB| Liputan kegiatan Joint Monitoring Mission, 2–5 Agustus terangkum dalam KILAS SEPEKAN BNPB menit ke 3.23–4.50: Video di YouTube

Tags: