Siap Siaga
BNPB Australian Government
Ideathon mengakselerasi integrasi data kebencanaan Bali
Ideathon mengakselerasi integrasi data kebencanaan Bali
https://www.siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2021/09/5.-Ideathon-Bali-2.jpg
- By siapsiaga

Ideathon mengakselerasi integrasi data kebencanaan Bali

Dalam upaya mewujudkan Satu Data Indonesia Provinsi Bali, SIAP SIAGA dan BPBD Bali menggelar rangkaian kegiatan ‘Ideathon Integrasi dan Pemutakhiran Sistem Informasi Kebencanaan (SIK) Bali’. Ideathon pertama diadakan pada 29 April – 1 Mei dihadiri oleh perwakilan BPBD Kabupaten/Kota serta akademisi. Hadir sebagai pembicara Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Kapusdalops) BNPB, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB serta Kepala Bappeda Provinsi Bali.

Untuk mendorong integrasi data dan memutakhirkan data kebencanaan, BPBD bersama SIAP SIAGA mengadakan Ideathon kedua pada 23-25 Juni yang dihadiri oleh perwakilan 39 lembaga pemerintah dan non-pemerintah. Dalam tiga hari, masing-masing instansi mendapatkan materi dan berdiskusi mengenai situasi, standar dan platform yang ada untuk mendukung manajemen data dan informasi kebencanaan. Hasil inventarisasi data tersebut akan dijadikan salah satu rujukan dalam pengumpulan dan pengintegrasian data terkait bencana.

Tindak lanjutnya, BPBD bekerjasama dengan Dinas Kominfo Bali akan memutakhirkan SIK Bali untuk diintegrasikan dalam kerangka Satu Data Indonesia – Bali. Pemutakhiran SIK Bali ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2021 dan siap digunakan untuk mendukung pembuatan kebijakan kebencanaan berbasis data.

Tags: