Siap Siaga
BNPB Australian Government
Forum Wapena: Upaya wartawan Bali untuk turut mendukung pengurangan risiko bencana
Forum Wapena: Upaya wartawan Bali untuk turut mendukung pengurangan risiko bencana
https://www.siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2021/10/wapena-series.jpg
- By siapsiaga

Forum Wapena: Upaya wartawan Bali untuk turut mendukung pengurangan risiko bencana

Pada saat terjadi bencana, media umumnya sangat cepat melaporkan dari garis depan. Meskipun pelaporan bencana real-time ini penting, dibutuhkan perhatian lebih untuk menjelaskan upaya pengurangan risiko bencana (PRB). Faktanya, informasi yang tepat waktu dan berbasis sains yang disebarluaskan oleh media berperan penting dalam mengurangi risiko bencana.

Informasi peringatan dini, mengomunikasikan risiko kesehatan masyarakat, dan berbagi kebijakan pemerintah terbaru tentang krisis yang sedang berlangsung adalah beberapa cara media dalam berkontribusi untuk mengedukasi masyarakat sebelum dan selama bencana.

Untuk lebih memperkuat peran media dalam PRB, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Bali, dengan dukungan dari Program SIAP SIAGA, membentuk Forum Wartawan Peduli Bencana (Wapena) atau jaringan jurnalis yang tertarik untuk meliput isu PRB.

“Sebagai jurnalis, saya yakin peran kita bukan hanya untuk melaporkan bencana atau krisis. Kita perlu mengedukasi masyarakat dengan berbagi fakta tentang apa yang bisa dilakukan untuk mencegah bencana. Sebagai seseorang yang tinggal di daerah rawan bencana, saya ingin berkontribusi pada Forum PRB Bali melalui bidang yang paling saya pahami: jurnalisme,” kata Nila Sofianty, jurnalis yang bekerja di Indobalinews.com yang duduk sebagai Bendahara di Forum Wapena.

Diyah Perwitosari, Koordinator DRM Program SIAP SIAGA untuk wilayah Bali menuturkan, “Di SIAP SIAGA, kami percaya bahwa PRB adalah urusan semua orang dan banyak jurnalis tertarik untuk melaporkan masalah PRB serta ingin lebih mendukung upaya PRB. Khususnya di Bali, SIAP SIAGA ingin berkontribusi pada penguatan kapasitas FPRB Provinsi untuk memastikan keterlibatan pemangku kepentingan yang lebih luas (terutama media dan sektor swasta). Dengan mendukung Forum Wapena dalam upaya pengurangan risiko bencana, diharapkan SIAP SIAGA dapat mewujudkan platform pentahelix yang formal dan diperkuat di tingkat provinsi dan kabupaten (terpilih) dengan komitmen dan sumber daya yang jelas.”

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Forum Wapena dan jaringannya telah menyelenggarakan dan berpartisipasi dalam beberapa lokakarya yang menunjukkan komitmen mereka dalam berkontribusi dalam isu PRB di Bali. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, Forum Wapena dan jaringannya menginisiasi serangkaian sesi berbagi informasi dengan pemerintah dan sektor swasta untuk membahas berbagai topik terkait PRB dan upaya pemulihan pandemi.

Sesi berbagi informasi Wapena pertama bertajuk ‘Fakta Pandemi: Menuju Bali Recovery’ digelar pada 26 Juli 2021. Dimoderatori oleh Nila Safianty, sesi tersebut menghadirkan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD I Made Rentin, Direktur RS Sanglah dr. I Wayan Sudana dan Wakil Sekretaris Bali Tourism Board Freddy. Pembicara dan peserta membahas perlunya penguatan koordinasi dalam pandemi COVID-19 dan peran penting media dalam berbagi laporan berbasis fakta tentang kesenjangan dalam layanan dasar.

Ikuti laman Facebook kami untuk mendapatkan update kegiatan Wapena berikutnya.

Tags: