Siap Siaga
BNPB Australian Government
Deklarasi Forum PRB se-Bali sebagai mitra utama pemerintah wujudkan ketangguhan
Deklarasi Forum PRB se-Bali sebagai mitra utama pemerintah wujudkan ketangguhan
https://www.siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2021/11/Bali-DRR-Forum_2.jpeg
- By siapsiaga

Deklarasi Forum PRB se-Bali sebagai mitra utama pemerintah wujudkan ketangguhan

Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) se-Bali resmi mendeklarasikan diri bersatu untuk mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan bencana. Acara deklarasi ini dipimpin oleh Ketua Harian FPRB Bali I Gede Sudiartha, disaksikan oleh Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito pada Selasa (26/10).

Bertempat di Gianyar, acara Deklarasi Forum PRB se-Bali turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Konsul Jenderal Australia di Bali Anthea Griffin, serta Koordinator Subnasional Program SIAP SIAGA Mia Marina Rangkaian acara turut dfasilitasi oleh Gusti Ngurah Anom (Ajik Krisna) yang merupakan pemilik Pusat Oleh-Oleh Krisna, dan merupakan Wakil Ketua Forum PRB Kabupaten Badung. Acara deklarasi ini sekaligus memperingati Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang tahun ini mengusung tema ‘saling dukung untuk meraih ketangguhan’.

“BNPB mengapresiasi Forum Pengurangan Risiko Bencana karena jantung penanggulangan bencana adalah pencegahan,” ujar Kepala BNPB Ganip Warsito. Menurutnya, peran Forum PRB sangat dibutuhkan khususnya dalam mengedukasi dan mensosialisasikan kesiapsiagaan bencana serta melakukan simulasi bencana bersama masyarakat di daerah.

Lebih lanjut, Kepala BNPB Ganip Warsito mengapresiasi FPRB se-Bali sebagai wadah kolaborasi yang mempersatukan dukungan semua pihak dalam kerangka pentahelix untuk bersama-sama mengurangi risiko bencana di Bali.

Dalam sambutannya, Ketua Harian FPRB Bali I Gede Sudiartha menyampaikan, “Kolaborasi pentahelix kami implementasikan secara nyata dalam kepengurusan Forum PRB, yang menyertakan unsur perwakilan pentahelix, membawahi forum PRB Perguruan Tinggi, Forum Wartawan Peduli Bencana, Forum Ikatan Ahli Bencana, Forum Dunia Usaha, dan Forum Relawan.” Menurut I Gede Sudiartha, terdapat lima poin utama yang menjadi dasar pembentukan Forum PRB se-Bali, yaitu: mendukung pemerintah dalam pelayanan bencana, menjalankan kegiatan yang bersifat sosial kemanusiaan, mematuhi peraturan daerah, independen dalam berinovasi untuk ketangguhan, serta berperan utama sebagai mitra pemerintah.

Pada kesempatan ini, I Gede Sudiartha juga menyampaikan apreasiasi atas dukungan Program SIAP SIAGA dalam memperkuat Forum PRB, khususnya dalam memfasilitasi terbentuknya Forum Wartawan Peduli Bencana (Wapena) dan Forum Kemitraan Dunia Usaha yang aktif berkontribusi di bidang kebencanaan melalui Forum PRB.

Deklarasi Forum PRB semakin menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam memperkuat kelembagaan  dan meningkatkan sinergi pentaheliks untuk wewujudkan ketangguhan di Provinsi Bali.  Proses pembentukan FPRB kabupaten/kota se-Provinsi Bali telah diinisiasi sejak bulan Juli 2021 dan dilanjutkan audiensi di hadapan Sekretaris Daerah Provinsi Bali pada bulan September 2021, dengan dukungan Program SIAP SIAGA. Ke depannya, Program SIAP SIAGA akan terus memperkuat sinergi pentahelix di dalam Forum PRB sebagai bagian dari strategi penguatan sistem pemerintah untuk meningkatkan efektivitas layanan bencana.

Tags: