Siap Siaga
BNPB Australian Government
Bimtek SPM membangun pemahaman bersama tentang standar minimum pelayanan PB
Bimtek SPM membangun pemahaman bersama tentang standar minimum pelayanan PB
https://www.siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2021/09/1.-Bimtek-SPM.png
- By siapsiaga

Bimtek SPM membangun pemahaman bersama tentang standar minimum pelayanan PB

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dengan dukungan SIAP SIAGA, pada 28-29 Juni mengadakan lokakarya dan bimbingan teknis ‘Standar Pelayanan Minimum (SPM) Penanggulangan Bencana’ untuk meningkatkan pemahaman pemerintah daerah tentang implementasi SPM dan membimbing mereka dalam perencanaan dan penganggaran jenis pelayanan dasar bagi penanggulangan bencana, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 101/2018 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 050-3708/2020. Acara ini dihadiri oleh 108
perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dari 23 kabupaten/kota terpilih.

Beberapa isu utama yang didiskusikan dalam lokakarya dan bimbingan teknis ini antara lain sosialisasi klasi_kasi perencanaan pembangunan dan keuangan daerah; inventarisasi petunjuk teknis dan pedoman umum yang telah terbit untuk mendukung implementasi SPM, dan masukan bahwa pedoman Kajian Risiko Bencana perlu mempertimbangkan karakteristik risiko daerah.

Lokakarya dan bimtek ini merupakan bagian dari komitmen SIAP SIAGA untuk mendukung implementasi SPM di tingkat subnasional.

Tags: