Siap Siaga
BNPB Australian Government
Regional Report – Karena Resiliensi itu Lokal
Regional Report – Karena Resiliensi itu Lokal
https://www.siapsiaga.or.id/wp-content/uploads/2022/04/Regional-report-cover-ID.png

Regional Report – Karena Resiliensi itu Lokal

Laporan ini menawarkan prinsip pemodelan sederhana tentang bagaimana menilai, di mana dan kapan resiliensi bencana perlu ditingkatkan.

Sebagai hasil dari proses pembelajaran selama hampir satu tahun serta diskusi dan validasi yang luas yang melibatkan berbagai ahli dan praktisi penanggulangan bencana dan urusan kemanusiaan di kawasan Indo-Pasifik, laporan ini bertujuan untuk menawarkan perspektif baru tentang pendekatan resiliensi bencana bagi para pembuat kebijakan dan praktisi. Hal ini sangat penting untuk Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (Global Platform for Disaster Risk Reduction/GPDRR) yang akan datang di Bali. Laporan sintesis ini diharapkan dapat menjadi kontribusi yang signifikan dari Pemerintah Indonesia dan Australia terhadap wacana global tentang resiliensi bencana dengan menggunakan pengalaman menghadapi pandemi di kawasan ini sebagai dasar analisis.

Walaupun secara umum kita telah terbiasa dengan gagasan membangun resiliensi bencana melalui upaya dan proses yang sistematis dan terprogram, rangkaian pembelajaran ini mengungkap variabel seputar modal sosial dan budaya sebagai faktor penentu tambahan untuk memahami resiliensi bencana. Variabel-variabel ini berasal dari pengakuan terhadap resiliensi bencana sebagai sifat yang dimiliki manusia di semua tingkat struktur sosial, dari individu ke komunitas lokal hingga seluruh umat manusia. Menurut laporan ini, salah satu kekurangan dalam penjelasan konsep umum resiliensi bencana di masa lalu adalah terbatasnya pelibatan dan pengakuan tentang pentingnya modal budaya dan sosial lokal yang ada sebagai fondasi untuk meningkatkan resiliensi bencana.